Belajar Mengenal Pengertian, Sejarah dari Sistem Operasi Linux

Pengertian dan Sejarah Linux - Linux adalah salah satu sistem operasi varian Unix yang merupakan salah satu saingan terberat Microsoft Windows.  Linux merupakan sistem operasi yang open source dibawah lisensi GNU (Gnu is Not Unix), General Public License (GPL) sehingga gratis dan kita bisa memperoleh source codenya.
Linux kuat karena didukung oleh komunitasnya yang sangat banyak. Namun karena Linux bersifat open source tadi maka Linux pun mudah dikembangkan oleh siapa saja.
Beberapa pengembang distribusi Linux yang terkenal adalah: Mandrake dengan Mandrake & Mandrivanya, RedHat dengan Redhat & Fedoranya, Suse, Debian, Gentoo, Slackeware, Xandros, dan masih banyak yang lainnya.  Bahkan sekarang sudah banyak distribusi Linux (atau disebut distro) yang berada dalam sebuah CD.  Distro tersebut disebut Distro Linux Live CD. Beberapa contoh distro Live CD adalah Knoppix (varian dari Debian) MandrakeMove, dan Ubuntu.  Hanya dengan sebuah CD saja maka komputer kita dapat digunakan seperti layaknya sistem operasi yang diinstall di harddisk. Bahkan ada beberapa distro Linux yang dibuat di disket dan flash disk.  
Baca juga : Cara install Linux

Sejarah Linux

Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia. Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux kernel, sedangkan perbedaannya hanyalah paket-paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init style, dll. Kalau ditanya mana yang lebih baik, pada hakekatnya semua sama baiknya, tergantung kesenangan dan kebiasaan kita dalam penggunaan Linux. Tidak akan pernah ada habisnya memperdebatkan kelebihan dan kelemahan masing-masing distribusi ini.  



Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda. Di Suoen Tasavalta, Republik Finlandia, seorang mahasiswa bernama Linux Torvalds mengikuti mata kuliah Unix dan bahasa pemrograman C. Saat itu Linus menggunakan sistem operasi mini berbasiskan Unix bernama Minix. Dia merasa bahwa Minix mempunyai banyak kelemahan, dan Ia berkeyakinan mampu untuk membuat lebih baik dari itu. Di usia 23, dia mulai mengotak- atik kernel Minix dan menjalankannya di mesin Intel x86. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). 

Tampilan dan Logo Linux

Berikut adalah gambar screenshot dari tampilan Mandrake Linux dengan desktop KDE nya. Sama dengan Windows kan?   

Berikutnya adalah tampilan dari RedHat Linux dengan desktop GNOME nya: 

Logo Linux adalah berupa gambar Pinguin seperti dibawah ini:   

Ada cerita menarik yang menyebabkan Linus menggunakan penguin sebagai logo dari sistem operasi Linux. Saat itu Linus sedang berjalan jalan bersama Andrew Tridgell di sebuah taman. Tiba tiba Linus dipatok pinguin, dan semenjak itu dia mengalami demam selama berhari hari. Dia pikir, karakter ini cocok untuk mewakili Linux. Dia ingin pemakainya menjadi demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak atik Linux. Dan ternyata, apa yang dibayangkannya menjadi kenyataan. Hampir setiap pemakai saat pertama kali berkenalan dengan Linux menjadi susah tidur, dan menghabiskan waktunya berjam-jam didepan komputer untuk bermain main dengan Linux. 




Ya itulah penjelasan singkat tentang Pengertian dan Sejarah Linux, smoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat ya hehe :) Jika sobat tertarik untuk mempelajari Linux silakan baca artikel disini 

Sumber : Mengenal Linux,  Antonius Rachmat C, S.Kom 

Note : "Mohon untuk meninggalkan komentar."

TERIMAKASIH

Subscribe Untuk Mendapatkan UPDATE Artikel Terbaru!

0 Response to "Belajar Mengenal Pengertian, Sejarah dari Sistem Operasi Linux"

Post a Comment