6 Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi

Alasan Menggunakan Linux
Alasan Mengapa Menggunakan Sistem Operasi Linux - Mengapa menggunakan Linux ? Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna Windows. Para pengguna tersebut tentunnya ingin membandingkan kenapa harus berganti sistem operasi? Beberapa jawabannya adalah sebagai berikut :
Baca juga : Pengertian Apa itu Linux


1. Gratis

Linux merupakan sistem operasi yang gratis sehingga tidak memerlukan lisensi. Lisensi Linux berada dibawah lisensi GNU dari Free Software Foundation.

Definisi dari free software menurut Free Software Foundation adalah, sebuah bentuk kebebasan, mengacu ke pengguna untuk memakai, mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, mengubah maupun meningkatkan software tersebut. Secara spesifik ada 4 arti kebebasan : bebas menjalakan program, bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai kebutuhan, bebas mendistribusikan ulang, dan bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya.

Di dalam GNU terdapat dua lisensi yaitu : copy-left (siapapun yang mendistribusikan ulang program dengan atau tanpa perubahan harus memberikan kebebasan juga untuk didistribusikan lagi atau diubah. Copyleft menjamin setiap pengguna mempunyai kebebasan) dan non copy-left ( siapapun yang mendistribusikan atau mengubah harus mendapat ijin dari pembuat program).

2. Memiliki GUI

Karena linux juga seperti Windows, memiliki GUI yang juga semakin bagus. Tidak hanya itu sekaran Linux juga sudah sangat kompatibel dengan hardware-hardware baru seperti flashdisk dan bluetooth.

3. Terdapat Aplikasi Seperti yang Ada di Windows

Semua yang bisa dijalankan di Windows, rata-rata ada juga di Linux dan semuanya gratis!!! Hanya saja pasti tidak akan sama persi dengan Windows. 

4. Dapat Diinstal dengan Sistem Operasi Lain

Linux tidak menakutkan, Linux bisa diinstal bersamaan dengan Windows pada harddisk yang sama maupun berbeda. Bahkan ada yang bisa bersamaan di partisi Windows.
Baca juga : Cara Mengintsal Linux

5. Stabil dan Bebas dari Virus

Linux sangatlah stabil dan sangat cocok jika dijadikan server. Dan umumnya Linux bebas dari Virus. Hal ini karena Linux memiliki hak akses yang ketat dan jarang adanya virus Linux.

6. Dapat Berinteraksi dengan Sistem Operasi Lain

Linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain melalui tiga cara yaitu kompatibilitas file dan filesystem, kompatibilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system.
  • Linux bisa menggunakan file-file dari sistem operasi lain, dalam artian bisa memaca dan menulis format file tersebut. Sehingga harddisk maupun distket dari OS/2, NT, DOS/Windows, Apple Macintosh, Unix, dan sistem-sistem lain, bisa dibaca (dalam banyak hal juga bisa ditulis) dengan mudah oleh Linux. Hampir semua format standar industri didukung oleh aplikasi-aplikasi Linux, kecuali beberapa format yang spesifik vendor atau produk.
  • Di tingkat Networking, Linux bisa bekerja sama dengan baik sekali denga sistem operasi lainnya. Linux mempunyai dukungan TCP/IP yang sangat bagus, dan juga mempunyai dukungan SMB untuk Microsoft File sharing and printing melalui paket Samba, Apple file and printer sharing lewat netatalk, dan IPX/SPX (Novell) file sharing lewat paket Mars NWE (dan paket komersial dari Caldera).
  • Emulasi sistem operasi menyediakan kompatibilitas di lain sisi. Paket DOSEMU menyediakan kompatibilitas dengan DOS, dan proyek WINE menyediakan kompatibilitas dengan Windows. Ada juga paket emulasi komersial, yaitu Executor untuk emulasi Mac 680x0, dan WABI untuk emulasi 16-bit Windows 3.1
    Jadi maksud dari emulasi adalah sobat bisa menjalankan simulasi software yang teradapat di sistem operasi lain dengan Linux namun tidak semuanya tersedia dipaket simulasinya. Tapi daripada memaksan untuk menggunakan program dari sistem operasi lain alangkah baiknya jika kita menggukan program yang disediakan oleh Linuxnya.
Itulah beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan linux. Mulai sekarang jauhi penggunaan sesuatu yang ilegal, jika ada yang asli dan gratis kenapa kita harus mengcrack yang berbayar. Selain menjauhkan diri dari hukum yang berlaku kita juga bisa menjauhkan diri dari dosa karena telah mencuri atau membajak milik orang lain. Silakan baca juga artikel yang berkaitan dengan Linux disini.

Note : "Mohon untuk meninggalkan komentar."

TERIMAKASIH

Subscribe Untuk Mendapatkan UPDATE Artikel Terbaru!

0 Response to "6 Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi "

Post a Comment